Garut, Hari ini Selasa 10 Desember 2013 AMIK Garut bekerjasama dengan Yayasan Thalassaemia Indonesia Cabang Garut, Palang Merah Indonesia, STKIP Garut, STIKes Garut dan Akper Garut yang di sponsori oleh Bank OCBC NISP  menyelenggarakan Pekan Peduli anak-anak thalassaemia yang bertempat di Gedung Kampus AMIK Garut Jl. Pahlawan 32 Garut mulai Jam 08.00 s.d selesai.
Adapun Agenda Pekan ekan Peduli anak-anak thalassaemia, yaitu:

1. Pemeriksaan Thalassaemia Gratis
2. Donor Darah
3. Sosialisasi Thalassaemia
4. Pemberian Bantuan Dana Pendidikan untuk 10 Orang pasien Thalassaemia.

Sekilas Tentang Thalassaemia
Thalasemia adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang darah yang berupa kelainan khususnya sel darah merah. Penyakit Thalasemia adalah juga merupakan salah satu penyakit yang bisa diturunkan oleh orang tua kepadaanaknya.

Thalasemia merupakan penyakit yang tidak semua orang kenal. Penyakit ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkannya karena sifatnya yang genetik. Penyakit ini bisa dilakukan dengan berbagai tindakan preventif seperti uji saring darah/ screening Thalassaemia. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah yang bersangkutan pembawa sifat atau tidak.
Di Garut sendiri, penyakit ini belum cukup dikenal banyak orang, tetapi setelah adanya berbagai edukasi terhadap masyarakat, penyakit ini dikenal dan pasien/ penderita penyakit inipun semakin ditemukan dan bertambah.
Sekarang ini di RSUD dr. Slamet Garut sudah memfasilitasi untuk penanganan masalah ini. Hal ini terbukti dengan adanya ruang perawatan, yaitu di gedung Nusa Indah Bawah (NIB) RSUD dr. Slamet Garut, sekaligus sebagai Homebase dari Yayasan Thalassaemia Indonesia cabang Garut.
Dan akhir-akhir ini Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) AMIK Garut mulai aktif dalam hal ini. Berawal dari pendekatan dengan YTI dan seringnya berkunjung ke NIB untuk sekedar ingin mencoba mengetuk diri sendiri akan realita yang terjadi, terlebih penderita/pasiennya didominasi oleh anak-anak yang usianya >15 tahun.
Alhamdulillah…..Puji Syukur. Kepedulian itu harus ditanamkan, mulai dari hal kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai dari saat ini.
Minggu, 1 Desember 2013, juga bertepatan dgn hari HIV/AIDS seduania, BEM AMIK Garut bekerja sama dengan SEMA STIKes Garut melakukan aksi sosialisasi kepada masyarakat akan penyakit Thalassaemia ini. Sosialisasi dilakukan dengan membagikan sejumlah brosur ke pejalan kaki, psepeda di Car Free Day Garut, jl. Ahmad Yani Garut.

Tidak hanya itu, sosialisasi dilakukan dengan membuka kotak kepedulian bagi penderita / pasien Thalassaemia yang diberi nama” Koin Untuk Pasien Thalassaemia” yang dikemas dengan konsep “ngamen”  .
Agak gak nyambung juga, “hari peringatan HIV/AIDS koq diisi dengan Thalassaemia, hehe”, walaupun begitu, dimanapun dan kapanpun tetap kepedulian harus ditanamkan, selagi ada kesempatan….untuk bisa PEDULI


Kategori: Multimedia

Tag: