Garut Kota. Diamond Crew yang merupakan perwakilan Tim Programmer dari AMIK Garut, menjadi pemenang lomba programming TIK “Hackathon Merdeka 2.0” dengan judul aplikasi Si Pendata Anggur yang membuat aplikasi cara pendataan pengangguran dan menjadi wakil Kabupaten Garut yang akan bersaing menjadi juara dengan perwakilan 27 kota selain Garut pada lomba tingkat nasional yang rencananya dilaksanakan pada 28 Oktober 2015 di Jakarta bersamaan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Juara 1

Hackathon Merdeka merupakan sebuah inisiatif untuk menginisiasi gerakan besar Code4Nation.org sebagai salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi guna memecahkan permasalahan nasional.

Garut menjadi salah satu kota dari 28 kota se-Indonesia yang menyelenggarakan Hackathon Merdeka secara serentak pada 24-25 Oktober 2015 yang diselenggarakan Code4Nation bekerja sama dengan PT. Telkom dan didukung Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut juga STT Garut bertempat di kantor PT. Telkom Cabang Garut.

juara 2

Sebanyak tujuh tim menjadi peserta dan dengan waktu cukup singkat dituntut merancang aplikasi sesuai tema yang diangkat yaitu pemecahan masalah data kependudukan dan dipresentasi di hadapan dewan juri yang terdiri dari unsur pemerintahan (Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut), dan perusahaan berbasis teknologi informasi (PT. Telkom/Telkomsel).

juara 3

Setelah melalui penilaian dari berbagai aspek, dewan juri memutuskan tiga tim yang berhak menjadi juara yaitu Juara I Diamond Crew judul aplikasi Si Pendata Anggur, Juara II Devitry judul aplikasi Cinta Anak, dan Juara III Konohaqure judul aplikasi Status Akta yang semuanya merupakan perwakilan tim dari AMIK Garut.

Karya talenta-talenta TIK Garut sangat membanggakan dan akan disampaikan kepada SKPD terkait guna memecahkan permasalahan data kependudukan Kabupaten Garut, demikian kata Drs. Dik Dik Hendrajaya, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut pada acara penutupan, Minggu (25/10/2015).  Ayo bersama-sama kita berkontribusi pada negara untuk menyelesaikan masalah kependudukan! Harapan kami, Hackathon Merdeka 2.0 bisa menjadi sebuah bentuk “Sumpah Pemuda” modern.  Hal ini sangat mendukung program Rudy Gunawan, Garut Amazing, lanjut beliau.

Sumber : GarutKab.go.id


Kategori: Berita , Multimedia , Seputar Kampus

Tag: ,